KAPOLRI : " Polri adalah Pelayan Masyarakat, bukan Penguasa"



JAKARTA - Jenderal Polisi Idham Azis yang merupakan orang nomor satu di jajaran Kepolisian Negara Republik Indonesia ini dipandang sebagai sosok yang sederhana dan dicintai keluarga.

Sudah semestinya sosok seperti Jenderal Polisi Idham Azis ini juga diikuti semua anak buahnya di institusi Polri.

Hal itu seperti diungkapkan oleh Ustaz Das'ad dalam perbincangan bersama Jenderal Idham Azis pada kegiatan bertajuk "Ngopi Bareng Kapolri" via aplikasi Zoom dengan Ustaz Das'ad".

Dalam perbincangan itu, Idham bercerita memasuki hari ke-21 Ramadan dirinya dalam keadaan sehat.

Selama Ramadan ini Jenderal Idham tetap berkegiatan, mulai dari rapat terbatas dengan Presiden Jokowi, rapat koordimasi dengan para menteri termasuk internal Polri.

"Alhamdulillah dalam keadaan sehat, untuk kegiatan selalu mengikuti protokol kesehatan WHO," kata Jenderal Idham, Minggu (17/5/2020).

Jenderal Idham juga mengaku bahwa selama menjalankan tugasnya berjalan dengan baik termasuk tugas-tugas rutinnya selaku pimpinan Polri.

"Sebagai Muslim saya juga melaksanakan ibadah baik wajib maupun sunnah, ini juga dilakukan keluarga dan anak-anak saya," lanjut Jenderal Idham.

Dari perbincangan itulah, Ustaz Das'ad menilai sosok Idham Azis. Instruksinya kepada anak buahnya untuk hidup sederhana tak omong kosong, melainkan memberikan keteladanan.

"Sosok Kapolri Jenderal Idham Azis begitu sederhana dan jadi teladan bahi anak buahnya," timpal Ustaz Das'ad.

Masih tetap seperti awal dilantik oleh Presiden Jokowi pada 1 November 2019 sebagai Kapolri Jenderal Idham tetap saja menunjukan kesederhanaan.

"Kesederhanaan adalah filosofi tersendiri artinya Polri adalah pelayan masyarakat, bukan penguasa," sahut Jenderal Idham Azis.

Menurutnya Polri tetap ada pada asas Tri Brata maupun Catur Prasetya.

"Bukan artinya tidak bisa hidup mewah, punya barang, punya mobil, tapi kita pelayan masyarakat, itu dasar berpikirnya," lanjut Jenderal Idham.

Selain itu, Jenderal Idham yang tidak henti - hentinya menggelorakan teladan agar jadi panutan anak buah yang jumlahnya 470 ribu personel di seluruh Negara Republik Indonesia.

Jenderal Idham menegaskan, pola hidup sederhana di Polri bisa terwujud jika para komandan mereka jadi teladan.

"Satu teladan lebih baik dari seribu nasihat," tegas Idham.

Namun demikian menurut Jenderal Idham, peran keluarga juga harus diingat betul.

"Sebab di balik kesuksesan anggota Polri pasti ada keluarga yang selalu mendoakan," pungkas Jenderal Polisi dengan empat bintang di pundaknya ini. ( dw-1).
KAPOLRI : " Polri adalah Pelayan Masyarakat, bukan Penguasa" KAPOLRI : " Polri adalah Pelayan Masyarakat, bukan Penguasa" Reviewed by Marka on Mei 17, 2020 Rating: 5

Tidak ada komentar